Subscribe Twitter Facebook

Senin, 08 Februari 2016

My Graduation



Hay disini gue mau nyeritain pengalaman wisuda gue pada tanggal 15 Desember 2015 bertempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center. Ya walaupun udeh telat banget tapi ya gapapa lah yaa.
Sebelum wisuda biasanya kampus mengadakan gladiresik yang tujuannya memberitahukan prosedur dan peraturan-peraruran pas wisuda, biasanya Gladiresik dilaksanakan 2 minggu sebelum hari H. gladi resik dilakukan berdasarkan fakultas.
Gladiresik biasanya berlangsung secara 2-3 jam. Pada gladi resikpun disana kita bisa menukarkan blanko putih wisuda dengan kartu undangan.  Seperti ini penampakan undangannya.


Undangan tersebut terdapat 2 jenis yaitu ntuk undangan sesi pagi berwarna putih sedangkan sesi siang warna keabu2an, foto yang diatas tersebut undangan sesi pagi, amplop undangan yg bertuliskan nama kita dan posisi pintu masuk untuk orang tua, kebetulan  mendapatkan pintu A. Selanjutnya isi amplop nya terdiri kartu undangan yg berisi tanggal acara dan peraturan-peraturan, kartu wisuda dan kupon snack. Kartu wisuda di bagi 2 jenis yaitu untuk kartu wisuda mahasiswa berprestasi berwana hijau  bedanya pada kartu ini terdapat kolom yang harus mengisikan IPK dan akan mendapatkan pin berlogo gunadarma, sedangkan kartu wisuda biasa berwarna putih yang berisi nomor kursi dan nomor kelompok yang ditentuin sendiri pas udah disana sesuai dengan duduk.
Oh iya pada gladiresik juga bisa menukarkan undangan jika ingin menukar dari sesi pagi ke sesi siang, atau sebaliknya asal masih satu fakultas.
Tibalah hari H yaitu Selasa, 15 Desember 2015.
Gue bangun jam setengah 3 pagi, gue ambil sesi pagi karna menurut gue sesi pagi itu lebih fresh, enak dan ga terlalu macet. Jam tersebut mempersiapkan segala nya. Setelah subuh gue bermake-up di rias oleh tetangga yang emang punya keahlian ngerias, sekitar jam 6 kurang selesai juga ngerias. Jam 6 berangkat dari rumah menuju JCC. Sebenernya kalo tidak macet 15 menit sudah sampai, karna sedikit macet jadi hamper setengah jam perjalanan. Jam setengah 7 sudah sampai sana dan langsung janjian dengan temen-temen kelasan. Disana ternyata sudah ramai sekali.
Oh iya sebelumnya undangan harus dibawa, kartu undangan dan kupon snack untuk orang tua nanti sebelum masuk terdapat meja registrasi, dicap kartu undangannya dan ditukarkan dengan buku wisuda yang berisikan biodata semua mahasiswa yang wisuda pada tanggal 15 Desember dan kartu wisuda buat kita pegang.
Sekitar jam setengah 8 pintu masuk ruangan sudah dibuka, panitia disana memberitahukan bahwa wisudawan bisa boleh masuk. Sekitar jam 8 kita masuk, sebelum masuk kita diperiksa kelengkapan terlebih dahulu, harus sudah lengkap dan memakai topi nya.
Sekitar jam 8 gue dan temen-temen masuk ke dalam, duduk bebas tapi tetap diatur oleh panitia kelompok per-fakultas masing-masing. Setelah kita duduk, tulis no kursi yg ditempelkan dikursi pada kartu wisuda dan nomer kelompok nanti diberitahukan oleh panitia. Setelah sudah diisi lalu dikumpulkan.
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, menghenigkan cipta, sambutan rector dll. Disarankan untuk bawa makanan cemilan2 kecil dan air minum, dikarnakan didalam akan terasa lapar karna prosesnya lumayan lama. Setelah acara sambutan dan lain-lainnya, tibalah saatnya pesematan tali. Pesematan tali dilakukan oleh rektor dan wakil rektor yang membagikan gulungan.
Ini lah kalo menurut gue momen degdegannya hehehe deg2annya Cuma takut salah aja hehe.
Langkahnya itu kita harus menundukan kepala dulu untuk dipindahkan talinya dari kiri ke kanan  oleh rektor setelah itu baru salaman, begitu  juga dengan wakil rektor, terima dulu gulungannya baru salaman heheeh :D
Setelah disematkan rasanya lega, akhirnya sudah sah bergelar. Setelah disematkan kita menunggu sampai semua fakultas disematkan. Sekitar jam 12 acarapun selesai, wisudawan boleh meninggalkan ruangan.
Setelah keluar ruangan gue nemuin orang tua gue terlebih dahulu, foto-foto dll. Disana terdapat temen2 gue juga yang menyempatkan waktunya untuk datang, kita foto2. Ini sebagian foto-foto yang bisa gue post.




Sekitar jam set 2 gue pulang, sebelum pulang ke tempat makan dulu dikarenakan sudah sangat lapar sekali hehehe. Dan sampai rumah kira-kira ashar setengah 4.

Udah gitu aja cerita dari gue, semoga bermanfaat yaaa..

2 komentar:

KRIS AMBAR MARYONO mengatakan...

kok bisa dapet kartu warna hijau(prestasi) bagaimana?

Evi Evani mengatakan...

kak mau tanya, nomor kursi dan nomor kelompok bisa pilih sendiri atau ditentukan oleh kampus berdasarkan pendaftaran wisuda ya?

Posting Komentar

 
Powered by Blogger