Subscribe Twitter Facebook

Selasa, 31 Desember 2013

Rangking Kecepatan Download Indonesia Tempati Posisi Kedua Terbawah di Asia Tenggara


Harga akses internet di Indonesia saat ini memang lebih murah dibandingkan beberapa tahun lalu. Namun dari sisi pelayanan, nampaknya Indonesia sangat jauh tertinggal dibandingkan negara-negara lain, bahkan dari negara tetangga di Asia Tenggara.


 

Hal tersebut terungkap dalam tes yang baru saja dilakukan oleh Speedtest.net terhadap seluruh negara di dunia. Tes tersebut membandingkan kecepatan download seluruh negara di dunia. Dan hasilnya, Indonesia menempati posisi 150 dari total 186 negara yang ada di daftar Speedtest.net.


Dalam ranking tersebut, kecepatan download rata-rata di Indonesia adalah sebesar 3.33 Mbps. Angka tersebut pun sangat jauh dibandingkan dengan Hong Kong yang ada di posisi pertama dengan kecepatan download sebesar 71.22 Mbps.



Di kawasan Asia Tenggara sendiri, Indonesia juga berada di tingkat bawah, tepatnya di posisi kedua terbawah, satu strip di atas Filipina. Berikut ini adalah ranking berdasarkan indeks download di Asia Tenggara:
  1. Singapura (2)
  2. Thailand (54)
  3. Vietnam (56)
  4. Brunei Darussalam (107)
  5. Malaysia (117)
  6. Laos (120)
  7. Kamboja (122)
  8. Myanmar (142)
  9. Indonesia (150)
  10. Filipina (164)
Dalam tes tersebut, Speedtest.net menganalisis data pada tanggal 27 Oktober hingga 25 November 2013. Terdapat lebih dari 3.6 juta IP yang dianalisis dengan jumlah tes sebanyak lebih dari 33 juta kali dan di 1.1 juta di antaranya digunakan untuk menghitung indeks yang dipakai dalam ranking.


Sumber

Analisis :


Banyak sekali teknologi yang berkembang pesat untuk saat ini. Salah satu yang mengalami perkembangan adalah tersedianya layanan akses internet yang hampir merata diseluruh pelosok negeri. Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling berhubungan dengan menggunakan protokol yang sama untuk berbagi informasi secara bersama. Internet merupakan media yang tepat guna dalam menyampaikan informasi yang sangat efektif dan efisien.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kecepatan download di Indonesia berada diurutan kebawah yaitu kondisi geografis yang sangat luas dan medan yang beraneka-ragam, tingginya angka pengguna internet, perang promosi operator penyedia koneksi internet, harga hosting server lokal lebih mahal dibandingkan di luar negeri, regulasi pemerintah yang kurang efisien. Saya berharap kecepatan download dan internet di Indonesia dapat berkembang sehingga tidak sulit untuk mendapatkan informasi terbaru.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger