Subscribe Twitter Facebook

Rabu, 04 Desember 2013

KALIMAT EFEKTIF


PENJELASAN KALIMAT EFEKTIF

     Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya/arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis /pembicara. Sebelum dapat membuat atau bahkan membetulkan suatu kalimat menjadi efektif, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu dipakai untuk menyampaikan informasi dari pembicara atau penulis kepada lawan bicara atau pembaca secara tepat. Ketepatan dalam penyampaian informasi akan membuahkan hasil, yaitu adanya kepahaman lawan bicara atau pembaca terhadap isi kalimat atau tuturan yang disampaikan. Lawan bicara atau pembaca tidak akan bisa menjawab, melaksanakan, atau menghayati setiap kalimat atau tuturan itu sebelum mereka dapat memahami benar isi kalimat atau tuturan tersebut.

     Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya seacara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Kalau gagasan yang disampaikan sudah tepat, pendengar atau pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh penulis atau pembicaranya. Akan tetapi, kadang-kadang harapan itu tidak tercapai. Misalnya, ada sebagian lawan bicara atau pembaca tidak memahami apa maksud yang diucapkan ata yang dituliskan. Supaya kalimat yang dibuat dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat, unsur kalimat-kalimat yang digunakan harus lengkap dan eksplisit. Artinya, unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan. SebaliknYa, unsur-unsur yang seharusnya tidak ada tidak perlu di munculkan. Kelengkapan dan keeksplisitan semacam itu dapat diukur berdasarkan keperluan komunikasi dan kesesuaiannya dengan kaidah.

    Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar, pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus benar.
Dalam hal ini hendaknya dipahami pula bahwa situasi terjadinya komunikasi juga sangat berpengaruh. Kalimat yang dipandang cukup efektif dalam pergaulan, belum tentu dipandang efektif jika dipakai dalam situasi resmi, demikian pula sebaliknya. Misalnya kalimat yang diucapkan kepada tukang becak, “Berapa, Bang, ke pasar Rebo?” Kalimat tersebut jelas lebih efektif daripada kalimat lengkap, “Berapa saya harus membayar, Bang, bila saya menumpang becak Abang ke pasar Rebo?”

Contoh kalimat efektif :

1. Bagi yang merasa kehilangan buku tersebut harap mengembalikannya di kantor.

Kalimat efektifnya : Yang merasa kehilangan buku tersebut harap mengambilnya di kantor.

2. Depresi ekonomi bukan hanya dirasakan oleh kaum pribumi lapisan bawah, tetapi juga dirasakan oleh kelompok elite pribumi.

Kalimat efektifnya : Depresi ekonomi dirasakan kaum pribumi di semua lapisan.

3. Amara pergi ke sekolah, lantas Amara pergi ke rumah temannya untuk belajar.

Kalimat efektifnya : Amara pergi ke sekolah, lantas ke rumah temannya untuk belajar.

4.  Kakak membantu anak itu dengan dipapahnya ke tepi jalur.

Kalimat efektifnya : Kakak membantu anak itu memapahnya ke tepi jalur.


Ubahlah kalimat berikut ini menjadi kalimat efektif!

1. Kepada semua informan penelitian mendapatkan dua macam instrument yaitu angket dan acara kegiatan.

Kalimat efektifnya : Semua informan penelitian mendapatkan dua macam instrument yaitu angket dan catatan kegiatan.

2. Didalam artikel koran itu menyuratkan bahwa sumber daya alam yang bermacam-macam di Indonesia ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

Kalimat efekifnya : Artikel koran itu memberitahukan sumber daya alam yang ada di Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal.

3. Dengan beredarnya internet masuk ke desa bermanfaat sekali bagi masyarakat pedesaan.

Kalimat efektifnya : Beredarnya internet ke desa sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan.

 

 

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger