Subscribe Twitter Facebook

Rabu, 06 November 2013

Perkembangan Teknologi Saat Ini yang Masih Digunakan di Masa Depan


Ketika kembali ke beberapa dekade belakang, kita dihadapkan pada masa depan di tahun 2012 atau 2013 yang sangat canggih dengan mobil tidak membutuhkan roda untuk berjalan. Namun apa yang kita dapatkan pada saat ini? teknologi saat ini berfokus pada teknologi mobile yang kian maju. Perkembangan teknologi saat ini membawa kita pada komputer yang kecil, smartphone yang dapat berkomunikasi dengan para pengguna, Smart TV, tapi banyak bidang teknologi memiliki laju yang sangat lambat. Berbicara tentang teknologi saat ini yang sedang berkembang dengan pesat, berikut akan Paseban sajikan beberapa hal dari Perkembangan teknologi saat ini yang masih bisa Anda temui di masa yang akan datang. Apa saja teknologi tersebut? Berikut ulasannya.

QWERTY Keyboard
Kita saat ini telah mengenal voice recognition, handwriting recognition dan gesture control yang mana semua akan lebih akurat pada masa yang akan datang. Namun seakuratnya teknologi tersebut akan masih kalah dengan metode mengetik secara tradisional yang mana metode ini lebih akurat untuk menyusun teks dan mengedit teks. Meskipun keyboard fisik berada dalam bahaya kepunahan pada ponsel dan tablet, yang telah digantikan dengan tombol virtual, tapi keyboard fisik masih akan dibutuhkan dan digunakan. Pada form yang lebih besar seperti notebook, maka keyboard fisik masih dibutuhkan. Tata letak QWERTY pertama kali diperkenalkan pada tahun 1878, dan masih akan terus mendominasi hingga di masa depan.


PC
Ada yang bilang kita memasuki era pasca-PC, tapi kita tidak bisa langsung setuju. Tentu, saat ini orang menghabiskan lebih banyak waktu pada smartphone dan tablet mereka daripada Windows atau Mac OS yang berbasis desktop tradisional dan notebook. Tapi ketika datang untuk melakukan pekerjaan yang berat dan nyata, terutama ketika melibatkan multitasking, PC masih menjadi rujukan utama dan selalu dibu
Di masa yang akan datang, mungkin PC akan mengalami perubahan desain. Beberapa bahkan mungkin berpendapat bahwa PC di masa depan memiliki prosesor yang super cepat. Tapi bagaimanapun wujudnya, PC akan masih dibutuhkan di masa yang akan depan yang berdedikasi pada OS yang ramah dan fitur multitasking yang tak terbantahkan.

USB Port
Lebih dari 15 tahun setelah pertama kali diperkenalkan, kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa USB, hampir dimana-mana Anda dengan mudah menemukan perangkat ini dan memudahkan Anda untuk mentransfer data dan memaksimalkan penggunaan keyboard Anda ke hard drive dan monitor. Beberapa orang percaya bahwa koneksi berkecepatan tinggi, Thunderbolt, akan memenangkan hal ini, namun tetap saja koneksi ini memerlukan USB port untuk instalasi dasar. Selama dua dekade terakhir, banyak telah mencoba untuk mengelurkan Port USB dari kegiatan bisnis, namun apa daya, setiap perangkat mobile menggunakan USB sebagai stAndar  pengisian dan port USB bahkan sedang dibangun ke dalam dinding soket.

Penyimpanan Lokal
Dengan layanan penyimpanan cloud yang saat ini menonjol dan menjadi tren, banyak saat ini pengguna yang percaya bahwa di masa yang akan datang mereka akan menyimpan data mereka secara online. Namun mereka salah. Penyimpanan lokal akan tetap menjadi primadona dalam menyimpan segala file penting, karena kita tidak membutuhkan koneksi internet untuk menyimpanannya, dan juga memiliki daya tampung yang lebih besar dan tentu dapat menampung beberapa file besar tanpa harus tergantung pada koneksi internet yang Anda miliki. 

File JPEG
Bahkan ketika bandwith internet makin kencang dan kapasitas penyimpanan makin tinggi, kita masih menggunakan format file yang sama kita gunakan pada era 1990-an, karena mereka stAndar. Meskipun kamera DSLR mampu menghasilkan gambar RAW terkompresi, sebagian besar perangkat mampu menangkap gambar dalam format JPG. Dan jenis file JPEG atau JPG nampaknya akan menjadi file yang masih digunakan untuk jenis foto atau gambar.


Baterai Lithium-Ion 
Di masa depan, sama seperti saat ini, hampir semua gadget canggih dari laptop hingga mobil listrik atau hybrid akan didukung oleh baterai lithium-ion. Selama bertahun-tahun, kepadatan energi dari baterai akan meningkat untuk menyesuaikan mAh ke ruang yang lebih kecil. Sejumlah baterai pengganti seperti lithium-air dan nanowire masih dalam pengembangan, tetapi jika teknologi ini berjalan dengan baik, mereka tidak akan masuk ke dalam pasar dengan mudah. Seperti halnya baterai Li-Ion yang sudah dikembangkan sejak tahun 1970-an dan baru masuk ke pasar pada era 1990-an, dan nampaknya Li-Ion masih akan tetap diunggulkan hingga masa yang akan datang. [PY]

ANALISIS


Menurut saya teknologi memang semakin lama semakin berkembang pesat, jika kita tidak mengikutinya maka kita akan ketinggalan jaman atau tidak update. Teknologi berguna untuk kebutuhan para user.

Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. 
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.

  SUMBER :

http://portal.paseban.com/article/115961/perkembangan-teknologi-saat-ini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger