Subscribe Twitter Facebook

Senin, 18 November 2013

Kelebihan dan Kekurangan BBM, WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk

 

Kabar tentang hadirnya BlackBerry Messenger di platform Android dan iPhone langsung di respon penggunanya di seluruh dunia. Sayang baru saja diluncurkan beberapa saat, ternyata BBM untuk Android dan iPhone langsung dihentikan. Penghentian ini dikarenakan banyak pengguna yang mendownload BBM dari jalur tidak resmi sehingga merugikan BlackBerry. 


Tapi sebelum BBM hadir di perangkat Android dan iPhone, banyak aplikasi perpesanan yang sudah hadir dan memiliki pengguna aktif hingga ratusan juta pengguna aktif. Beberapa aplikasi perpesanan tersebut adalah WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk. Bahkan keempat aplikasi tersebut sering wara-wiri iklannya di televisi dan media lainnya dengan menggaet artis-artis ternama. 

Banyak diantara pengguna yang masih bertanya-tanya apa perbedaan antara BBM, WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk. Nah berikut ini kekurangan dan kelebihan BBM, WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk

  1. BlackBerry Messenger : Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan dengan menggunakan teks, gambar, dan suara kepada pengguna BlackBerry lainnya dengan bertukar nomor PIN, email, nama atau barcode scanner. BBM memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan untuk semua orang di kontak BBM dengan cara BBM broadcast. Kini fitur BBM bertambah dengan bisa melakukan obrolan menggunakan video calling sehingga bisa bertatap secara langsung. Selain itu kini BBM memiliki fitur BBM Channel, BBM Video dan BBM Music tapi tentunya dengan menambah jumlah uang tertentu untuk bisa menikmatinya. Kekurangan BBM di BlackBerry adalah berbayar setiap bulannya. 
  2. WhatsApp merupakan aplikasi dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini gatis pada awalnya, tetapi kedepannya berbayar. Secara keseluruhan, antara BBM dengan WhatsApp tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk bisa menikmati obrolan pesan, teks, gambar, suara dan grup chatting, anda harus mendaftarkan nomor handphone agar bisa menggunakan aplikasi ini. Berbeda dengan BBM yang menggunakan nomor PIN. Karena berbasis nomor ponsel inilah, tak sedikit yang mengeluhkan pengguna nomor tak dikenal yang tiba-tiba bisa mengirimkan pesan. Group chat dibatasi hanya 30 nomor, hanya admin yang bisa menambahkan nomor atau teman lainnya. Kelebihan WhatsApp terletak pada antarmuka dan fungsi yang standar yang membuat aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun. Bisa digunakan di perangkat Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone. Kekurangan WhatsApp adalah harus berbayar setiap tahun sekali. 
  3. Line. Aplikasi perpesanan ini awalanya digunakan untuk menolong pria yang tidak bisa mengungkapkan kata-kata kepada wanita. Line terkenal karena mampu pesan kata, melalui sticker semacam animasi yang lucu-lucu. Jadi, kebanyakan pengguna Line lebih sering bertukar sticker ketimbang kata. Sticker yang lucu yang membuat Line booming dan dimanfaatkan sang pengembangnya, NHN Japan untuk berjualan sticker. Line bisa digunakan untuk menelpon sesama anggota Line dengan layanan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol). Kelebihan Aplikasi Line adalah aplikasi lain bisa digunakan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry serta bisa digunakan pada komputer personal. Fitur lainnya adalah, pengguna Line bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Timeline adalah fitur lain yang ditawarkan oleh pengguna Line. Pengguna bisa menuliskan segala aktivitasnya layaknya di Facebook. Karena lintas platform, aplikasi ini memungkinkan untuk bermain game dengan pengguna Line secara bersamaan. Tentu saja pengguna bisa saling membalas dengan sticker yang menarik untuk dilihat. Kekurangan Line : Walaupun pada dasarnya Line tidak berbasis nomor telephon, tetapi pengguna bisa dengan mudah meng-add akun Line, tanpa perlu di approve terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, tahu-tahu nongol akun yang tidak dikenal atau tidak diinginkan mungkin menganggu. Walau setelah itu bisa diblok. 
  4. Kakao Talk. Aplikasi yang berasal dari Korea Selatan ini, mencoba peruntungannya di pasar Indonesia. Selain fitur perpesanan standar seperti berbagai pesan teks dan gambar, Kakao Talk juga memiliki kemampuan untuk menelpon secara gratis dengan VoIP. Free Talk yang ada di KakaoTalk, dapat digunakan untuk menelpon secara bersamaan tanpa batas. Memang semakin banyak yang diajak ngobrol bareng akan berpengaruh dari kualitas suaranya, juga tergantung dari kualitas internet yang digunakan. KakaoTalk sepertinya memang tidak menawarkan fitur sebanyak Line, seperti game atau jejaring sosial. Tapi kelebihannya ada pada Item Shop yang menjual sticker bercitarasa lokal. Sebut saja item dari blogger kenamaan, Benazio atau sticker lucu dari Pocong. Menariknya lagi, pengguna bisa menggunakan emoticon tersebut selama 90 hari sebelum membelinya. Kelebihan Kakao Talk : Menelpon gratis atau group chat sesama akun dengan jumlah sangat banyak. Item seperti sticker atau emticon pun bisa dijajal sebelum dibeli. Kekurangan Kakao Talk : Emoticon di Kakao Talk menurut kebanyakan orang kurang ekspresif. Apalagi fitur yang ditawarkan tanggung tidak terlalu banyak dan juga tidak sedikit. Aplikasi ini berjalan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry. 
  5. WeChat. Walaupun datang belakangan, tetapi WeChat langsung mencuri perhatian pengguna smartphone. Tentu saja dengan fitur yang diklaim lebih lengkap. Fitur seperti berbagi pesan teks dan gambar, VoiP dan emoticon sudah pasti ada di WeChat. Namun soal emoticon dirasa kurang banyak dan terlalu mainstream. Berbagi aktivitas pun bisa dilakukan seperti layaknya Line. Agak beda adalah fitur Look Around, yang memungkinkan pengguna mencari sesama pengguna WeChat di lokasi tempatnya berada. Ingin pindah komputer, pengguna WeChat sudah bisa melakukannya. Karena layanan instant messaging asal China ini telah menyajikannya. Tapi berbeda dengan Line, pengguna tak perlu repot-repot mendownload versi desktop. Karena cukup dengan scan QR code pengguna langsung switch ke PC. Kelebihan: Fitur Look Around dan switch ke PC yang mudah. Terlepas dari fitur standar lainnya. Kekurangan WeChat : Kalau Anda penggemar berat ikon bergerak yang lucu, WeChat sepertinya kurang berasa dari segi karakter dan ekspresinya.
    Analisis
    Saat ini, kehidupan masyarakat modern yang mobile membutuhkan alat komunikasi yang bisa mengimbangi kegiatan mereka yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi. IM (Instant Messaging) adalah salah satu alternatif komunikasi yang banyak dipilih, pengguna IM walaupun mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa, tetapi tidak sedikit pula anak-anak dan orang tua juga ikut menggunakan jalur komunikasi ini dalam kehidupan sosial mereka. Untuk mengimbangi kebutuhan yang terus meningkat, para pengembang aplikasi terus berusaha mengembangkan fitur yang ada di dalam aplikasi IM mereka.
    Saya sendiri pun setuju dengan berkembangnya keberadaan Instant Messaging atau Mobile Mesanger, karena sangat membantu dan mempermudah user. Setiap kejadian pasti melahirkan dampaknya masing-masing, baik itu positif maupun negatif.
    Sisi positif sepertinya akan banyak berpihak di sisi user karena tidak dipungkiri dengan hadirnya Instant Messaging, kita jadi bisa berhubungan dengan lebih banyak orang lagi. Setiap orang tua bisa menghubungi anak-anaknya yang tanpa batas. Hubungan antarmanusia menjadi lebih dekat. Serba dimudahkan oleh Mobile Messenger.
    Sedangkan untuk sisi negatifnya menurut saya, apabila semakin banyak masyarakat yang menggunakan IM untuk alat komunikasinya maka akan semakin memberikan jalan kepada bentuk masyarakat yang anti-sosial.

SUMBER :
http://www.didno76.com/2013/09/kelebihan-dan-kekurangan-bbm-whatsapp.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger