Subscribe Twitter Facebook

Kamis, 07 November 2013

Beberapa Robot Teknologi Masa Depan dari Film Box Office yang Telah Berhasil Diwujudkan


Ide kreatif dari kantor eksekutif dari Hollywood memang biasanya akan selalu memunculkan film yang dibumbui dengan teknologi masa depan yang menarik dan mampu membuat orang benar-benar terhibur. Para pengembang teknologi masa depan saat ini selalu meniru ide dari para produser film California. Kita hidup dalam waktu yang menyenangkan ketika fantasi masa kecil kita mulai menjadi kenyataan. Memang kita belum pernah melihat arakhnida radioaktif atau perangkat yang dapat menghentikan waktu, tapi kita saat ini telah masuk ke era robotika dimana era ini digambaran sebagai era teknologi masa depan yang akan benar-benar tercipta pada kehidupan kita di masa depan pada film box office.
Smartphone sekarang dapat benar-benar melakukan sebagian besar tugas dari  Jack Bauer di tahun 2001 lalu, dan tentara AS saat ini sedang menciptakan armor besi seperti Iron Man. Bayangkan jika tentara AS - atau orang lain dalam hal ini - mencoba untuk membuat setelan robot exoskeleton 50 tahun yang lalu? Ini mungkin akan sudah tampak seperti sesuatu yang tercipta dari  The Wizard of Oz. Tapi tahun 2013, kita bisa mengharapkan sesuatu yang lebih mengagumkan. Dan pada ulasan kali ini, Paseban akan mengulas tentang beberapa teknologi masa depan yang terinspirasi dari film box office yang berhasil terwujud saat ini.


Robocop Visor
Jika Anda pernah melihat film Robocop, maka Anda akan mengetahui bahwa Officer Murphy menggunakan  augmented reality dan digital overlay untuk menegakkan keadilan dan mungkin ini adalah salah satu aspek yang paling menghibur dari Robocop. Informasi real-time para penjahat dan dan remote akses ke catatan polisi dan pada pertama kalinya kita melihat mobile internet.
Meskipun kita sudah berada di tahun 2013, teknologi Robocop mulai sedikit demi sedikit sudah mulai bisa kita rasakan. Raksasa internet Google, telah membangun sepasang kacamata yang bekerja sebagai Robocop visor yang nyata, memberikan Anda akses ke internet dan dengan demikian informasi real-time dapat Anda dapatkan dengan segera.
Transformers
Dalam film dan kartun Jepang Transformers adalah keajaiban teknologi mekanik brilian. Dalam kehidupan nyata mereka rapuh jika dibuat secara nyata. Dalam pelaksanaannya, mainan Transformer selalu mengecewakan. Hasbro pernah benar-benar ingin kita untuk 'mengubah' Optimus Prime seperti aslinya. Cara-cara tak terbatas untuk meniru mesin ini akhirnya menarik kita ke hadapan sebuah mainan dari sekelompok peneliti di MIT yang telah mengambil langkah pertama menuju tujuan itu. Disebut dengan ‘M Blocks’, robot berbentuk kotak kecil ini dapat melompat dan merubah dirinya untuk berubah menjadi bentuk tertentu. Tidak persis Megatron - mungkin bayi Megatron – tapi setikdanya kita memiilki dasar dan modal untuk ini. Para peneliti di Laboratorium Artificial Intelligence di MIT percaya bahwa robot ini dapat digunakan untuk membangun struktur yang solid independen. Misalnya, jika bagian dari jembatan rusak, blok akan mendeteksi di mana kerusakan itu dan menggantinya dengan struktur yang solid. Memang terdengar biasa, namun strutktur ini merupakan strukur yang solid.
Saat ini, blok dikendalikan dengan mengirimkan instruksi kepada mereka dari jarak jauh. Namun para peneliti berharap untuk memasukkan program  algoritma  ke dalam blok dan membuat mereka sepenuhnya otonom dan mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda.
Robot-room
Kita semua pernah bermimpi tentang memiliki sebuah rumah yang akan menyalakan lampu secara otomatis ketika kita berjalan memasuki rumah, atau memasakkan roti untuk Anda ketika Anda bangun dari tidur. Tidak seperti di Wallace dan Gromit, tetapi lebih seperti sesuatu dari Star Trek.
Ini adalah tujuan dari Alex Hawkinson, pendiri SmartThings, perangkat yang menghubungkan segala sesuatu di rumah Anda ke internet. Smartphone Anda bisa menjadi pusat kontrol baru dari segala sesuatu di rumah Anda dari lampu ke pintu dan mengaktifkan sumber listrik di rumah Anda.
Biometric pistol James Bond
biometrik PPK di seri James Bond Skyfall tidak akan menembakkan peluru kecuali James yang memegangnya, mekanisme keamanan untuk menghentikan penjahat menggunakan senjata dari James Bond. Senjata biometrik saat ini telah menjadi kenyataan. Di Amerika Serikat, sistem ini dikembangkan oleh Dynamic Grip Recognition dan patennya telah diakui oleh New Jersey Institute of Technology, yang akan digunakan dalam hubungannya dengan pistol elektronik pertama di dunia yang menggunakan teknologi balistik baru.


Terminator robotic hand
Meskipun belum membangun tubuh bionik secara utuh, tapi para ilmuwan sudah terlalu dekat dengan meluncurkan salah satu anggota tubuh robot yakni terminator robotic hand. Segala gerakan rumit dan gerakan lainnya yang dilakukan tubuh manusia  bisa dilakukan oleh tangan robotic ini.
2013 tampaknya menjadi tahun robotika, tetapi tidak ada proyek definitif yang membangun anggota tubuh robot definitif. Banyak peneliti, ilmuwan dan penggemar bekerja menuju tujuan yang sama. Dari printer yang mampu mencetak objek 3D dan masih banyak yang lainnya.

Analisis :
     Robot sendiri merupakan mesin buatan manusia yang dirancang untuk melakukan tugas fisik. Di zaman sekarang ini dimana teknologi sedang berkembang pesat robot-robot dirancang untuk bisa membantu tugas-tugas manusia. Dengan bisa mengenal robot kita bisa mengetahui asal mula pembentukan dan penemuan robot. Sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Semakin berkembangnya robot di Dunia maka robot juga dijadikan sebagai akses bisnis khususnya di dunia entertainment (Hiburan). 

SUMBER :

http://portal.paseban.com/popular_science/131762/teknologi-masa-depan 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger