Subscribe Twitter Facebook

Selasa, 05 November 2013

Android Luncurkan OS KitKat Bulan ini?





Google mengumumkan kabar yang mengejutkan. Sistem operasi Android terbaru bukan menyandang nama Key Lime Pie seperti yang sudah lama terdengar di kalangan penikmat teknologi. Melainkan Android KitKat.

Dilansir The Verge, 4 September 2013, Presiden Android dan Chrome Google Sundar Pichai mengkonfirmasi generasi sistem Android terbaru disebut KitKat.

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah familiar dengan nama KitKat. Ya, nama itu merupakan merk sebuah coklat yang diproduksi oleh Nestle.

Dalam halaman resmi Android, Google juga mengumumkan kode nama lain. Sistem operasi baru KitKat itu hadir dengan codename Android 4.4, bukan kode Android 5.0, seperti yang ramai diperbincangkan sebelumnya.

Meski bukan menyandang nama Key Lime Pie, Google masih menjaga tradisi untuk nama sistem operasi mobile-nya yang disesuaikan dengan abjad dari jenis dessert alias makanan penutup.
Sistem operasi pendahulu KitKat adalah Jelly Bean, Ice Cream Sandwich, Honeycomb, Gingerbread, Froyo, Eclair, Donuts, dan seterusnya.

Soal perubahan nama, Google beralasan nama Key Lime Pie tidak terlalu familiar di telinga orang umum. "Nyatanya sangat sedikit orang yang mengetahui rasa Key Lime Pie," jelas Direktur Kemitraan Android, John Lagerling seperti dilansir BBC.

Asal usul "KitKat"

Lagerling mengungkapkan lahirnya nama baru itu. Pada Februari silam, di tengah-tengah perhelatan Mobile World Congress, Barcelona, kedua perusahaan menggelar pertemuan rahasia. Tujuannya, mempromosikan rencana kedua perusahaan untuk menyandangkan nama brand kedua perusahaan.
Dan tidak butuh waktu lama, Google menerima usulan nama KitKat pada Android. Selain karena KitKat merupakan camilan favorit para pengembang (coder) Android.

"Perusahaan akhirnya merestui. Dalam 24 jam sebuah kesepakatan (dengan Nestle) dibuat. Ini bukan jenis kesepakatan karena uang," tegas Lagerling.

Lebih lanjut, raksasa Internet itu menjelaskan tujuan menyematkan nama KitKat untuk versi teranyar yakni agar membuat pengalaman Android bisa diterima luas ke semua orang.

Pichai berharap, pengalaman Android versi anyar ini bisa memuaskan penggunanya. Seperti jenis Kitkat yang merupakan permen coklat manis, Pichai tak sabar melihar reaksi pengguna dengan sistem operasi yang "manis" itu.

Tentu karena menyandang nama merk, Google menggelar program kemitraan. Dengan membeli paket permen KitKat khusus, pembeli bisa memenangkan Google Nexus 7 secara cuma-cuma. (sj)

Isu soal penerus OS Android kembali menyeruak saat Kit Kat mengupdate Twitter resminya. Muncul dugaan bahwa Android 4.4 KitKat bakal meluncur bulan ini.

Twitter Kit Kat kini memakai foto profil robot Android yang terbuat dari cokelat alias logo resmi. Pada 15 Oktober mereka mengunggah gambar si robot coklat dengan tangan terangkat. "Everybody dance now! #AndroidKITKAT," tulis keterangannya.

Lalu pada hari berikutnya mereka mengunggah lagi poster bertuliskan "This is it" yang tersusun dari batangan Kit Kat. "Kadang kalian harus mencari tanda-tandanya," tweet akun tersebut yang semakin membuat orang penasaran.

"This is it" sendiri diketahui sebagai judul film konser Michael Jackson yang dirilis pada 28 Oktober 2009. Sedangkan "Everybody Dance Now" merupakan lagu milik C+C Music Factory yang sebenarnya bernama 28th Street Crew. Tak pelak, muncul dugaan kuat bahwa Android KitKat akan dipublikasikan pada 28 Oktober nanti.

Sebelumnya sudah ramai beredar rumor bahwa OS Android KitKat ini akan dirilis bersamaan dengan Nexus 5 pada akhir bulan ini. Ya, Android KitKat yang debut perdana sebagai OS Nexus 5. Tahun lalu Google mengumumkan Nexus 4 pada 29 Oktober. (ang/wk)



Fitur-fitur Ini Diharapkan Muncul di Android KitKat



Berikut beberapa fitur yang diharapkan muncul di Android KitKat, dilansir trustedreviews, Kamis 5 September 2013:

Profil ganda

Google kemungkinan memperkenalkan fitur ini pada OS Android terbarunya.

Fitur multiple profile berfungsi untuk melindungi akses data pengguna di ponsel agar terkendali dalam konsumsi data. Terutama saat ponsel dipegang oleh anak kecil. Setidaknya, pengguna tidak khawatir profil Android menjadi tak terkendali.

Fitur ini juga membatasi aplikasi maupun halaman Web yang bisa diakses pengguna.

Perbaikan Android Device Manager

Fitur keamanan jenis ini sangat penting ketika perangkat pengguna sudah berpindah tangan.

Pada Agustus 2013 silam, Google mengungkapkan fitur keamanan seperti Find My iPhone, akan muncul pula untuk Android. Ya, Android Device Manager berfungsi mencari ponsel yang dicuri.

Diharapkan, pada versi Android KitKat, fitur ini bisa lebih ditingkatkan kemampuannya. Misalnya, pengguna dapat menghidupkan ringtone dan kemudian menghapus konten yang ada di ponsel saat perangkat ada di tangan pencuri.

Google Maps lebih canggih

Salah satu poin yang membuat ponsel Nokia Lumia punya nilai lebih dari ponsel Android adalah pengguna Lumia dapat mengunduh seluruh peta wilayah dunia pada aplikasi petanya.

Sementara Google Maps belum memungkinkan untuk itu. Guna mengunduh di Google Maps pun, pengguna harus terhubung Internet. Versi Android KitKat diharapkan bisa lebih fleksibel.

Aplikasi TV

Ponsel pintar kelas tinggi mulai bisa menerapkan fitur TV dengan pemancar inframerah.

Nah, Android KitKat diharapkan mengakomodir fitur pengendali TV. Ini akan strategis bagi Google yang tengah mempersiapkan layanan TV-nya (Google TV).

Pesan instan khusus

Kebutuhan pesan instan sudah menjadi tren bagi pengguna ponsel pintar untuk semua platfrom.

Jika pada ponsel Android memiliki pesan instan mandiri, hal ini sangat bagus. Pasalnya, pesan instan iMessage maupun WhatsApp dipandang kurang sempurna. Sedangkan Google Hangouts kurang mendapat tempat di hati pengguna.

Aplikasi Direct to SD

Fitur ini dibutuhkan mengingat banyak pengguna Android sering kekurangan memori saat menginstal aplikasi. Sedangkan banyak ponsel memungkinkan penggunanya mentransfer aplikasi ke kartu SD. Alhasil, rata-rata pengguna melakukan root.

Fitur ini diharapkan bisa terjawab pada Android KitKat

Photo Stream

Berbagi album foto memang mengasyikkan. Tapi sayang, fitur ini belum muncul pada sistem operasi Android.

Jika Google mampu menghadirkan fitur itu, Apple iOS harus waspada. Pasalnya, ponsel berkamera canggih mulai bermunculan menghantui Apple iPhone, seperti Sony Xperia Z1 dan Samsung Galaxy Mega. (eh)
Analisis :

Ponsel android, kini jadi trend baru bagi para pengguna ponsel, karena seperti yang kita ketahui bahwa Android merupakan sistem operasi Smartphone yang mengerti kemauan penggunanya, canggih dan nyaman digunakan tentunya. Kepopuleran android mulai terasa, ketika permintaan ponsel lain seperti Nokia, iPhone, Blackberry dll mulai menurun. Karena tampilan interface nya yang bagus, menarik yang bisa memikat para user. Maka dari itu Android akan terus dan terus berkembang untuk mejuarai persaingan teknologi dunia :))

Sumber :

http://m.news.viva.co.id/news/read/441595-android-kitkat--sistem-operasi-android-terbaru

http://m.news.viva.co.id/news/read/441806-fitur-fitur-ini-diharapkan-muncul-di-android-kitkat 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger