Subscribe Twitter Facebook

Senin, 01 Oktober 2012

Rohis yang membuat ku seperti ini :)


Disini saya akan menceritakan pengalaman saya berorganisasi.

Rohis merupakan organisasi yang berada  dibawah OSIS (Organisasi  Siswa  Intra  Sekolah). Rohis ini bergerak di bidang kerohanian Islam ini dibentuk untuk meningkatkan sikap religius bagi para siswa.  Rohis meruapakan wadah penyalur  kompetisi dan kreativitas diri siswa.
Setelah lulus dari SMPN 141 saya mulai memasuki masa SMA,  saya memutuskan untuk melanjutkan ke SMAN 43 Jakarta.  Di sekolah itu saya memulai masuk ke sebuah organisasi yang ada. Disana ada beberapa organisai seperti PMR, Rohis, Paskibra, Teater dan lain sebagainya. Dan saya memilih berorganisasi dalam Rohis.

Adapun Kegiatan-kegiatan yang diadakan Rohis itu banyak sekali, antara lain :

1.                 1. Kegiatan MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa ) yaitu kegiatan satu malam ini setiap siswa mendapati  suasana religius yang jarang didapatinya di rumah.  Sepanjang malam seluruh siswa berkesempatan untuk bersama-sama lebih mendekatkan diri  pada Allah,seperti shalat berjama’ah, shalat tahajud ( Qiyamul Lail), muhasabah dan tadarus Al-Qur’an.  Mabit diadakan tiap satu bulan sekali.  Agenda ini khusus ikhwan. Biasanya dilakukan pada hari-hari yang disediakan untuk santai-santai, misalnya pada hari libur, atau hari sabtu (Besoknya libur) karena kegiatan tersebut dilakukan dengan bermalam di Musholla. Agenda kegiatan curhat bervariasi tergantung dari kreativitas pengurusnya.

K       2.    Kegiatan Mentoring merupakan aktivitas yang biasa dilakukan dilingkungan sekolah.
     Suatu kumpulan atau Kelompok kecil yang bersama-sama mengkaji ilmu-ilmu pengetahuan khususnya yang bersifat religius modern. Mereka bersama-sama membuat suatu komitmen yang akan mereka laksanakan. Aktivitas mentoring berupa transformasi ilmu dari mentor atau murobbi kepada para aktivis.  

3.         Kegiatan Cermin Hati atau CERHAT merupakan kegiatan ta’lim rutin yang diadakan tiap hari Sabtu siang. Jenis kegiatan ini yakni pertemuan rutin yang berbentuk ta’lim rutin yang mengkaji masalah sosial Islam, budaya Islam, akhlaq Remaja, dll.
 ILMI (RBI) 
4.         “KEPUTRIAN” yaitu acara yang dibuat khusus akhwat. Yang biasanya dalam acara tersebut berisi tentang masalah-masalah perempuan. Misalkan belajar masak, curhat-curhatan dan masih banyak yang lainnya.
JALG ROHIS
5.         Kegiatan Majalah Dinding Rohis merupakan majalah dinding sekolah yang bernuansa Islami. Mading Rohis ini dikoordinatori oleh Seksi Mading Keputrian AL-GHUROBA. Kegiatan ini termasuk kegiatan baru karena baru terealisasi tahun ini.TY

6.         Kegiatan Bulan Ramadhan yaitu biasanya slalu diadakan acara Buka Puasa Bersama, penerimaan Zakat Fitrah serta Bursa Buku dan Aksesoris Islami (BASIS).

7.         Class Meeting Rohis yaitu acara ini diadakan pada akhir semester I. Setelah berpusing-pusing mengikuti ujian, diadakan class meeting Rohis. Tambah pusing ngga ya... soalnya bentuknya juga cerdas cermat.IDUL ADHA ACTIVITY

8.         Kegiatan IDUL ADHA yaitu acara ini yakni penyembelihan hewan qurban yang kemudian dipotong-potong untuk dibagikan kepada orang-orang yang tidak mampu dan yang lebih berhak.

9.         Kegiatan Bulan Muharram yaitu bulan ini lebih dikenal dengan bulannya lebaran anak yatim, kami membagikan berupa uang.

10.     Kegiatan Baksos yaitu kegiatan amal dimana kami mengumpulkan barang-barang yang masih bagus dan tentunya layak dipakai untuk diberikan kepada kaum dhuafa (tidak mampu).

Seuntai perjalanan saya pada akhirnya saya dilantik atau biasanya yang disebut LDK . Pada saat saya mengikuti LDK ROHIS Al-GHUROBA setidaknya sudah banyak memberi saya pelajaran berarti. Karena LDK, saya diajarkan caranya tegar dan sabar dalam suatu hal, cara menularkan semangat kepada orang lain, rasa gembira yang sebenarnya karena dapat menjerumuskan teman-teman kedalam koridor islami. Karena LDK, saya belajar apa yang dimaksud dengan ukhuwah.  Selain itu saya kenal dengan agama ini lebih dalam (lebih dekat dengan Allah SWT).  Dan juga karna motivasi saya memulai berkerudung.
Setelah di LDK akhirnya saya resmi menjadi pengurus Rohis, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang saya ikuti. Dan pada akhirnya saya meduduki kelas 3SMA dan harus mencari pengurus-pengurus rohis baru.  Untuk itu kepengurusan kami bersepakat untuk mengadakan acara rekrutmen anggota rohis baru. Dan saya diberikan kepercayaan untuk menjadi pengurus pelantikan penerimaan anggota baru dalam rohis.

Adapun Program Kerja Pengurus Harian, antara lain:
      1. Rancangan Kerja (Raker)
a    2. Rapat Checking Kerja (RCK)
      3. Regenerasi Pengurus Rohis



AL-GHUROBA

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger